Tujuan Puskesmas Jagakarsa Adakan Deteksi Dini

KESRA
Terbit: Jul 17, 2017

NamePuskesmas Kecamatan Jagakarsa, Kota Administrasi Jakarta Selatan, mengadakan Pekan Aksi Deteksi Dini Penyakit Menular dan Tidak Menular, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Shibi, Jl. H. Shibi 4, RT 03/RW 02, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (17/7).

Koordinator Program Penyakit Tidak Menular Puskesmas Kecamatan Jagakarsa Dr. Rani mengatakan, kegiatan ini digelar, sebagai tujuan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-490.

"Selain itu kita dari Dinas Kesehatan sedang menggalakkan gerakan masyarakat sehat, dimana salah satunya ini adalah deteksi dini pencegahan penyakit," ujarnya. Rani menjelaskan, dalam kegiatan ini, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan darah di tempat terhadap para warga, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.

"Jadi kalau program pemerintah sendiri untuk penyakit menular seperti HIV, 90% warga DKI harus tahu status HIV nya. Jadi kita menggalakkan deteksi dini terutama di skrining nya," ungkapnya.

Rani berharap, dengan digelarnya acara ini, masyarakat dapat menjadi lebih peduli dengan kesehatannya, sehingga selalu memiliki tubuh yang sehat dan kuat. "Jadi intinya masyarakat jadi lebih kenal dan lebih tahu ada pemeriksaan dini, sehingga jangan sampai pas sakit baru diperiksa," tegasnya.

Sementara itu Pengelola RPTRA Shibi Yanie mengatakan, peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari Kader Posbindu dan PKK RW 02 Kelurahan Srengseng Sawah, serta para warga dari RW 02 dan RW 01.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti acara ini. Jadi disini ada pemeriksaan penyakit tidak menular seperti IVA Test serta Gula Darah, tapi kalau pemeriksaan penyakit menular, itu ada hepatitis, deteksi HIV/AIDS, dan deteksi TB Paru," pungkasnya. (KIP JS)