Sudin Citata Jaksel Tertibkan Bangunan Melanggar Izin

PEMERINTAHAN
Terbit: Jul 12, 2017

NamePemerintah Kota administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata) Kota Administrasi Jakarta Selatan, menertibkan tiga bangunan tinggal yang melanggar izin di dua tempat berbeda di wilayah Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan Syukria mengungkapkan, tiga bangunan tersebut berada di wilayah Kecamatan Kebayoran Baru dan Kecamatan Pasar Minggu. 

"Dua bangunan berada di Jl. Amil Raya,  Kecamatan Pasar Minggu, satu bangunan lagi di Kebayoran Baru tepatnya di Jl. Widyacandra IX Kelurahan Senayan, Kebayoran Baru. Bangunan tersebut melanggar Jarak Bebas Bangunan," ujar Syukria.  Jarak Bebas Bangunan, lanjut Syukria, yaitu melanggar di luar ketentuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dimana bangunan tersebut harusnya tidak didirikan bangunan.

"Kita rutin lakukan patroli bangunan, untuk mengecek kesesuian antara izin yang diberikan dengan pelaksanaan pembangunan di lapangan, setelah dicek antara gambar IMB dengan pelaksanaannya berbeda, maka dikenakan tindakan penertiban,"tuturnya.

Syukria juga menambahkan bahwa sebelum melakukan penertiban, pihaknya telah terlebih dahulu memberikan Surat Peringatan (SP 1) kepada pemilik bangunan, namun rupanya tidak diindahkan. 

"Kemudian kita memasang segel, masih juga tidak diindahkan dan terakhir kita berikan surat perintah bongkar sendiri bangunan, namun masih juga tidak dipedulikan, akhirnya kita bongkar," tegasnya.

Dalam penertiban itu, Syukria melibatkan beberapa instansi terkait guna mengamankan jalannya pembongkaran tersebut. "Pak Wali (Tri Kurniadi, red) terjun langsung ke lapangan memantau kegiatan bongkar paksa ini, kegiatan ini juga melibatkan Satpol PP, TNI dan Polri guna mengamankan jalannya penertiban," pungkasnya. (KIP JS)