Sampah Jadi Berkah Di Bank Sampah Cipete Utara

PEMBANGUNAN
Terbit: Jul 13, 2017

NameKeberadaan Bank Sampah di Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan, tidak hanya mengatasi permasalahan sampah di wilayah tersebut. Namun nyatanya, Bank Sampah juga dapat menambah pemasukan yang tentunya menjadi berkah bagi warga sekitarnya.

Hal itu diungkapkan oleh Lurah Cipete Utara Mohamad Yohan, Kamis (13/7). Menurut Yohan, adanya Bank Sampah tersebut sangat lah menguntungkan berbagai pihak. "Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis," tuturnya. Yohan menjelaskan, kelurahan yang dipimpinnya ini telah memiliki 11 Bank Sampah, yang tersebar di setiap wilayah RW.

"Cipete Utara memiliki 11 RW dan semuanya telah memiliki Bank Sampah. Setiap bulannya sampah yang tereduksi dengan kegiatan Bank Sampah mencapai tiga sampai dengan empat ton," paparnya.

Menurut Yohan, keberadaan Bank Sampah merupakan suatu inovasi yang sangat baik dalam pengelolaan sampah. Pasalnya, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA), bukanlah solusi terbaik untuk penanganan sampah. "Penampungan sampah Kelurahan Cipete Utara sendiri ada di TPS Kramat Pela dan Transito Damai Ujung, sebelum diangkut ke TPA Bantar Gebang," ujar Yohan.

Oleh karena itu, Yohan beserta pihak Kelurahan Cipete Utara, terus  gencar mengatasi permasalahan sampah, yang telah menjadi persoalan global dan seringkali menyebabkan penyakit serta perusakan alam. "Bank Sampah menjadi jawaban mengatasi persoalan sampah yang terjadi di setiap wilayah di Indonesia," tandasnya. (KIP JS)