Dukcapil Jaksel Siapkan SKDS

PEMERINTAHAN
Terbit: Jul 13, 2017

NameSuku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan, akan menyiapkan pelayanan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS), sebagai upaya mengantisipasi banyaknya pendatang baru di Jakarta terutama Jakarta Selatan.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan Abdul Haris, Kamis (13/7). Haris mengutarakan, pemberian SKDS akan dilakukan, usai pihaknya melakukan pendataan.

"Jadi prosesnya kita melakukan pemeriksaan dokumen door to door terlebih dahulu, lalu kita juga akan memberikan sosialisasi mengenai peraturan kependudukan yang dilakukan kepada RT/RW setempat, tokoh masyarakat, atau kepada pemilik kontrakan atau kost-kostan yang memberi izin tinggal mereka, baru lah kita berikan pelayanan SKDS," paparnya.

Haris menjelaskan, SKDS diberikan kepada para pendatang yang memang tidak berniat tinggal di Jakarta, atau bagi mereka yang memang tidak memenuhi syarat dalam pembuatan KTP DKI Jakarta. "Misalnya kalau dia dari daerah hanya punya surat jalan, nah surat jalan itu kan tidak bisa dijadikan persyaratan pembuatan KTP, nah itu kita buatkan Surat Keterangan Domisili Sementara," terangnya.

Haris berharap, para pendatang yang masih belum memenuhi persyaratan sebagai penduduk DKI Jakarta, dapat berkooperatif dengan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan, khususnya sewaktu melakukan pendataan.

"Karena pada saat pendataan, kita ini sifatnya bukan operasi kependudukan. Kita tidak ada tindakan denda, kita hanya semata-mata memberikan pelayanan kepada mereka, memberikan informasi kepada mereka terkait peraturan kependudukan dan peraturan lain, yang ada di pemda DKI," pungkasnya. (KIP JS)