BPJS Jaksel Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks

KESRA
Terbit: Jul 13, 2017

NameBadan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Jakarta Selatan, bekerja sama dengan Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, menggelar acara Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks, di Ruang Pola Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (13/7).

Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan dr. Sudarto, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan dr. Fatmiaty, Kepala Puskesmas Kecamatan Cilandak dr. Luigi, Lurah Cilandak Barat Agus Gunawan, perwakilan dari polsek dan koramil Cilandak, serta kader PKK wilayah Kelurahan Cilandak Barat, Camat Cilandak Tomy Fudihartono mengatakan, acara ini sangatlah bagus, sehingga dirinya ingin peserta dapat mengambil ilmu dalam mencegah dan mengantisipasi perihal kanker serviks.

"Dan saya berharap kepada para ibu-ibu agar dapat menginformasikan kepada keluarganya atau tetangganya yang ada di wilayah Kecamatan Cilandak," ujarnya. Senada dengan Tomy, dr. Sudarto juga meminta masyarakat, agar dapat memahami betapa berbahayanya kanker serviks, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan pun bisa dihindari dari mulai sedini mungkin.

"Kita kurang memahami sehingga kita baru sadar ketika penyakit kanker serviks ini sudah mencapai tingkat komplikasi, yang secara ilmu kedokteran penyembuhannya sangat kecil. Jadi jangan sampai kita menyadarinya sudah terlambat. Segeralah melakukan pemeriksaan bila terdeteksi lebih dini maka penyembuhannya akan lebih cepat dan sempurna," imbaunya.

Sementara itu dr. Fatmiaty mengatakan, kanker, termasuk kanker serviks, menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan tingginya angka kematian di dunia. "Kanker serviks dengan IVA Test ini sangat penting guna mencegah penyakit kanker serviks. Target dari deteksi dini dengan IVA Test adalah 30% dari jumlah wanita usia subur, sedangkan di Jakarta Selatan hingga April 2017 baru mencapai 12%. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini Jakarta Selatan dapat mencapai target," tuturnya.

Diketahui, kegiatan ini dilakukan oleh BPJS Kesehatan, dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yang berfokus pada upaya promotif preventif terutama terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), untuk menekan prevalensi kanker serviks. Selain itu, acara ini juga untuk diselenggarakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan yang ke-49, serta HUT DKI Jakarta yang ke-490.

Dalam acara ini, BPJS Kesehatan Jakarta Selatan melakukan sosialisasi, penyuluhan dan pemeriksaan kanker serviks melalui IVA Test yang dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas Kecamatan Cilandak. Semua pemeriksaan itu tidak dikenai biaya alias gratis. Kegiatan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks ini, akan dilakukan oleh BPJS Kesehatan hingga 31 Juli 2017 mendatang, yang berlangsung di seluruh Indonesia. (KIP JS)