Festival Bedug Sebagai Ajang Kreativitas Remaja Masjid

KESRA
Terbit: Jun 19, 2017

NameFestival Lomba Bedug dan Gema Takbir, telah selesai diadakan oleh Kecamatan Pancoran pada Sabtu (17/6). Sekretaris Camat Pancoran Rizky Adhari mengatakan, pihak kecamatan menjadikan kegiatan yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Pancoran, Kota Administrasi Jakarta Selatan ini, sebagai salah satu ajang kreativitas bagi para remaja masjid.

"Pada intinya kegiatan ini dilaksanakan untuk menyemarakkan Syiar Islam di Bulan Suci Ramadhan dan untuk menyambut Malam Takbiran Idul Fitri 1438 H khususnya di wilayah Kecamatan Pancoran," ujarnya. Rizky mengutarakan, selain sebagai ajang kreativitas, melalui acara tersebut pihaknya juga ingin meningkatkan silaturahmi diantara remaja masjid.

"Alhamdulillah walaupun sederhana namun masyarakat cukup antusias untuk menghadiri kegiatan seleksi lomba bedug di Kecamatan Pancoran ini," ucapnya. Rizky yakin, kegiatan positif yang dilakukan ini, dapat meredam hasrat masyarakat yang ingin melakukan takbir keliling pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Dengan festival takbir dan pukul bedug ini kita telah menyebarkan nilai-nilai Islam. Kita berharap ke depan kegiatan semacam ini dapat terus diagendakan dan bobotnya lebih ditingkatkan lagi tentunya dengan berbagai evaluasi-evaluasi," tandasnya.

Di Kecamatan Pancoran ini, Festival Lomba Bedug dan Gema Takbir diikuti oleh enam tim yang merupakan perwakilan dari enam kelurahan wilayah Kecamatan Pancoran. Enam kelurahan tersebut antara lain, Kelurahan Duren Tiga, Kelurahan Cikoko, Kelurahan Pancoran, Kelurahan Rawajati, Kelurahan Pengadegan dan Kelurahan Kalibata.

Keenam tim tersebut, akan saling menunjukan kemampuan mereka di hadapan para Dewan Juri, yang telah memiliki beragam kriteria yakni Pengucapan Lafadz Takbir, Performance (keselarasan antar pemukul bedug), serta Harmonisasi.

Nantinya, pemenang tingkat kecamatan akan dikirim ke tingkat kota dalam hal ini Kota Administrasi Jakarta Selatan, untuk beradu dengan pemenang lainnya dari 10 Kecamatan di Jakarta Selatan. Lalu, tim yang keluar sebagai juara pertama, akan mewakili kota untuk beradu dengan kota lainnya di tingkat provinsi yakni Provinsi DKI Jakarta.

Selain untuk memeriahkan malam takbiran, Festival Bedug Gema Takbir ini juga untuk memperingati hari ulang tahun Jakarta yang ke-490. Pada saat final nanti, Festival Lomba Bedug dan Gema Takbir akan digelar di halaman Balai Kota Jakarta, dan terbuka untuk masyarakat umum. (KIP JS)