Tujuan Pemkot Jaksel Gelar Operasi Pangan

PEMERINTAHAN
Terbit: May 16, 2017

NamePemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta serta Kepolisian Resort Jakarta Selatan, menggelar Operasi Pangan di Kem Chicks,  Jl. Kemang Raya Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (16/5).

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Irmansyah mengatakan, operasi pangan yang dilakukan ini bertujuan untuk  mengantisipasi penyalahgunaan zat kimia pada bahan pangan yang ada di swalayan tersebut.

"Kami (Pemkot Jaksel, red) menyambut baik kegiatan ini demi terciptanya bahan pangan yang sehat terlebih menyambut datangnya bulan Ramadhan 1438 H. Kegiatan ini merupakan tanggung jawab kita bersama baik dari tingkat kota atau BPOM terlebih juga dari pedagang di swalayan," katanya.

Irmansyah menegaskan, jika dalam operasi ini terdapat bahan pangan yang mengandung bahan berbahaya atau produk kadaluarsa, pihaknya akan segera menginstruksikan untuk menarik produk itu dari peredaran. 

"Pertama akan diberi pembinaan, tetapi jika masih ditemukan kita ambil tindakan. Tidak harus menunggu hari lagi, tadi juga kan ditemukan bahan yang kadaluarsa yang akan langsung segera dimusnahkan," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala BPOM DKI Jakarta Dewi Prawitasari mengatakan, dalam operasi kali ini pihaknya mengambil beberapa sampel untuk diuji kandungannya. "Ada 36 item yang kami uji, hasilnya negatif," katanya. 

Lain halnya dari Kepolisian Resort Jakarta Selatan. Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan, Vivick mengatakan, pihaknya melakukan pengujian terhadap 15 sampel dan menemukan satu barang yang mengandung bahan berbahaya. "Satu dari 15 item yang kami ambil dari pasar Blok A yaitu Mie Kuning ditemukan mengandung bahan berbahaya yaitu formalin," ungkapnya. (KIP JS)