Pemkot Jaksel Gelar Uji Emisi

PEMBANGUNAN
Terbit: May 03, 2017

NamePemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, menggelar uji emisi di Halaman Parkir Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (3/5).

Pelaksanaan uji emisi ini juga tercipta berkat adanya kerjasama dengan Kepolisian Sektor Pancoran, Dishub Jakarta Selatan, Satpol PP Jakarta Selatan dan instansi terkait. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengucapkan rasa terima kasih kepada Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan atas kerjasamanya, dalam menggelar uji emisi terhadap kendaraan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum di wilayah Jakarta Selatan.

"Lebih utamanya kegiatan ini lebih ke kendaraan pribadi, dimana kita menempatkan uji emisi baik yang bensin maupun yang solar," katanya. Adji menjelaskan, kegiatan uji emisi ini dalam rangka melihat tingkat kepedulian para pemilik kendaraan terhadap perawatan kendaraan. Selain itu, uji emisi ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat dalam mewujudkan program Langit Biru. 

"Dengan kegiatan ini juga kan akan dapat menghasilkan emisi yg baik dan berdampak terhadap kualitas udara di jakarta," tambahnya. Adji mengungkapkan, ada target-target yang dicapai dalam uji emisi ini.

"Targetnya satu hari itu dari 600 sampai 700 kendaraan, untuk target se-Jakarta itu sekitar 10.000 kendaraan, karena memang selama tiga hari ini kisarannya antara 2000 sampai 2500 kendaraan di Jakarta Selatan," ungkapnya.

Adji berharap uji emisi jangan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi lanjut Adji, pihaknya menghimbau kepada seluruh pemilik gedung untuk menguji emisi secara mandiri di kantornya. "Sehingga nanti dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup,  sehingga di akhir tahun kita akan punya data dari sekian juta kendaraan yang diuji emisi," ungkapnya. 

Diketahui, pelaksanaan uji emisi ini merupakan pengujian kedua kalinya yang digelar Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan. Pada hari pertama 2 Mei 2017, Sudin LH menggelar kegiatan uji emisi ini di Lenteng Agung, tepatnya di depan Universitas Pancasila yang berhasil menguji kendaraan sebanyak 717 unit, dengan kategori bahan bakar bensin sebanyak 642 unit dan solar 75 unit. 

"Dari 717 unit yang diuji, sebanyak 692 kendaraan Lulus uji emisi, sementara 25 unit lagi tidak lulus," ujar Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Lingkungan Hidup, Endah Wahyuningsih. (KIP JS)