Bangkitkan Peduli Lingkungan Melalui Kerja Bakti

PEMBANGUNAN
Terbit: May 15, 2017

NameKelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Administrasi Jakarta Selatan, menggelar kerja bakti di Pondok Karya yang dilakukan oleh warga RW 04 dan RW 09, minggu (14/5). Dalam kegiatan ini, pihak Kelurahan Pela Mampang ingin membangkitkan semangat warga, terhadap kepedulian mereka untuk menjaga lingkungan.

"Jadi ini memang kegiatan rutin yang diselenggarakan kelurahan. Jadi kami ingin mengakomodir kegiatan warga, serta mendorong partisipasi warga untuk aktif membersihkan lingkungan," ujar Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan (Sarpar) Kelurahan Pela Mampang, Rizki, Senin (15/5).

Rizki mengatakan, warga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka melakukan gotong royong, untuk membersihkan sampah di kawasan tersebut.

"Dilihat dari volume sampah yang satu truk sendiri. Bahkan khusus di RW 04 dibarengi dengan bank sampah. Jadi mereka melakukan penimbangan sampah pilah. Jadi sampah yang bisa didaur ulang itu dipisahkan sama warga, jadi ada nilai ekonomisnya," ujarnya.

Selain itu dalam kegiatan ini, warga juga memfokuskan untuk melakukan pembabatan rumput liar dan pohon, yang mengganggu ketertiban umum. "Warga paling senang membabat rumput liar dan pohon yang mengganggu fasilitas umum. Misalnya udah menjorok ke jalan, atau kena kabel, yang bisa ditangani sama warga ditebang sama mereka," ucapnya.

Rizki berharap hal-hal positif seperti ini terus berlangsung di dalam diri warga Kelurahan Pela Mampang. "Kita ingin warga aktif dalam lingkungannya sendiri, dimulai dari rumah masing-masing dan lingkungan sekitar. Jadi tidak hanya mengandalkan PPSU dan pemerintah saja," tandasnya. (KIP JS)