Wakil Wali Kota Jaksel Tinjau Kali Krukut

PEMBANGUNAN
Terbit: Apr 12, 2017

NameWakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Irmansyah, melaksanakan peninjauan Lapangan Hasil Tindak Lanjut Rapat Koordinasi Penanganan Banjir Luapan Kali Krukut, di Wilayah Kel. Cilandak Timur Kec. Pasar Minggu Jaksel, Rabu, (12/4). Hasilnya diketahui bahwa kali Krukut yang terletak di bawah Jalan Tol TB Simatupang, ternyata mengalami penyempitan. 

Didampingi Camat Pasar Minggu Eko Kardianto, Camat Cilandak Tomy Fudihartono, Kabag PKLH Bambang E, Pimpinan Proyek Tol Depok-Antasari Widianto, beserta Jajaran Pemerintah Jaksel lainnya, Irmansyah mengatakan, pihaknya akan segera mengatasi masalah tersebut.

"Kita lihat di lapangan dari kondisi yang ada, dan tadi kita sudah kumpul semua untuk mengkomunikasikan bersama, dari pihak proyek Tol, Pam, Palyja, BBWSCC, dan dari Pemerintah Kota untuk menindak lanjuti langkah berikutnya," ujarnya.

Selain penyempitan, adanya pipa milik PT Pam di sekitar kali, juga menjadi penyebab tersangkutnya sampah di Kali Krukut. Terlebih, gorong-gorong yang ada sudah tidak dapat dilewati debit air kali Krukut, lantaran terjadi pendangkalan karena endapan lumpur. 

"Dari hasil peninjauan di lapangan disepakati antara pihak pelaksana proyek Tol Depok-Antasari yaitu PT. Citra Waspphutowa dengan PT. PAM dan Palyja, untuk melakukan relokasi pipa milik PT PAM dan juga membongkar gorong-gorong yang berada di bawah Jalan Tol TB Simatupang, untuk melancarkan arus air kali Krukut yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September dan selesai bulan November," ungkapnya.

Irmansyah pun berharap agar target yang telah ditentukan, bisa segera terealisasi. Irmansyah ingin, masalah luapan kali Krukut ini dapat cepat diatasi, sehingga banjir tidak datang kembali.

"Saya sampaikan kepada teman-teman agar kita masing-masing juga proaktif, kalau ada sesuatu yang perlu dilakukan untuk segera dilakukan, segera survei kelapangan dan segera dirapatkan untuk fokus ke masalah tersebut. Saya juga menghimbau kepada warga sekitar yang terkena dampak banjir, supaya mereka juga menginformasikan apabila ada hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian, dan kita akan memberikan pelayanan seoptimal mungkin yang bisa kita berikan kepada masyarakat," tandasnya. (KIP JS)