Sudin SDA Jaksel Bersihkan Puing Sisa Longsor

PEMBANGUNAN
Terbit: Apr 17, 2017

NameSuku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, telah menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) SDA, guna memperbaiki dan membersihkan puing-puing sisa longsor di Jl. Jati Padang Poncol, RT 06/08, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang longsor pada Rabu (12/4) lalu. 
 
Kasie Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan Firman mengatakan, proses pembersihan sisa-sisa longsor sudah berjalan sejak Kamis (13/4) lalu. "Kami terjunkan 10 personel, satu alat berat, dan dibantu Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PSSU), sampai saat ini proses sudah sampai sekitar 80%," katanya, Senin (17/4).
 
Firman menjelaskan, kejadian longsor yang diakibatkan karena tumpukan sampah itu menghancurkan dua unit rumah.
"Panjang turap yang longsor mencapai 30 meter dan tidak ada korban jiwa hanya dua unit rumah rusak ringan saja," ucapnya. Firman juga menjelaskan pihaknya sudah membuat undak-undak untuk sementara agar tanah tidak langsung jatuh ke bibir kali.
 
"Kami juga sudah mengamankan atau mengangkat puing-puing sampah di saluran PHB Pulo, agar tidak menyebabkan genangan di kawasan tersebut," tuturnya. Firman mengimbau kepada masyarakat agar tidak membangun di atas turap kali, atau paling tidak,  lanjut Firman, masyarakat harus membangun pondasi sendiri. "Jangan numpang di atas turap,  secara teknis turap yang kita bangun itu bukan untuk menahan beban," pungkasnya. (KIP JS)