Irmansyah Hadiri Giat 1000 HPK

KESRA
Terbit: Apr 20, 2017

NameWakil Wali Kota Jakarta Selatan Irmansyah, didampingi Wakil Ketua I TP PKK Jakarta Selatan Irma Irmansyah, menghadiri kegiatan Program Honey 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), di RPTRA Melinjo, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jaksel, Kamis (20/4). Kegiatan ini, merupakan kegiatan terakhir gerakan 1000 HPK, yang diselenggarakan di 10 kecamatan Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Irmansyah mengatakan, gerakan 1000 HPK bukanlah inisiatif institusi maupun pembiayaan, melainkan peningkatan efektifitas dari inisiatif yang ada. "Termasuk dukungan teknis, advokasi tingkat tinggi dan kemitraan inovatif untuk meningkatkan keadaan gizi dan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Menurut Irmansyah, ada beberapa elemen penting dari kegiatan 1000 HPK, dimana salah satu nya adalah aksi pada tingkat nasional. "Untuk itu di perlukan kepemimpinan yang kuat berdasarkan atas data epidemiologi gizi dan kapasitas untuk menangani masalah gizi," ucapnya.

Selain itu Irmansyah menilai, peran orang tua sangatlah penting dalam 1000 HPK. Pasalnya, orang tua memiliki tanggung jawab yang utuh untuk mengawasi tumbuh kembang anak, demi masa depan mereka. "Jadi urusan seperti ini jangan cuma ibunya doang, nga bisa, harus semuanya, termasuk juga instansi-instansi yang ada, apapun itu namanya," tegasnya.

Oleh karena itu Irmansyah berharap agar para pemangku kepentingan mempunyai persepsi serta komitmen yang sama, dalam menciptakan suasana yang baik bagi tumbuh kembang anak. "Langkah nyata yang terkoordinasi dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran untuk gerakan 1000 HPK baik di pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga RT," pungkasnya. (KIP JS)