Walikota Jaksel Meresmikan Bank Sampah GESIT

PEMBANGUNAN
Terbit: Feb 24, 2017

NameWalikota Jakarta selatan meresmikan Bank Sampah Induk (BSI) Gesit di Jln Menteng Pulo Raya 1 Kel. Menteng Atas Kecamatan Setiabudi bersamaan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kota Adm. Jakarta selatan, Jumat (24/2).

Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi dalam sambutannya mengatakan pengelolaan sampah yang salah satu kegiatannya adalah pengurangan sampah sejak dari sumber adalah upaya yang efektif untuk membatasi volume timbunan sampah di wilayah Jakarta Selatan dimana di tahun 2016 mencapai 545.946 ton.

"Besarnya timbunan sampah tersebut tentunya harus disikapi secara serius dan harus di upayakan solusi yang bersifat komprehensif. Tidak hanya kewajiban Pemda tetapi peran masyarakat juga dibutuhkan, seperti terbentuknya lembaga pengelola sampah,”ujarnya saat meresmikan Bank Sampah Gesit di Menteng Atas, Jumat (24/2).

Sebanyak 56 Bank Sampah yang tersebar di 10 Kecamatan,dengan capaian reduksi sampah sebanyak 521.712 ton/tahun, omzet bank sampah tahun 2016 mencapai Rp. 730.348.425,- dengan jumlah anggaran pengelolaan sampah di Jakarta Selatan tahun 2016 (eks. Sudin Kebersihan) mencapai Rp. 157.620.615.397.

Keberadaan Induk Bank Sampah GESIT Jakarta Selatan berpengaruh signifikan terhadap efisiensi Pengelolaan Sampah di wilayah Jakarta Selatan, dengan total efisensi pengeloaran APBD sebesar    Rp. 90.400.000,-.

“Diharapkan Bank Sampah GESIT Jakarta Selatan dapat menjadi pembina , pembimbing, wadah solusi permasalahn pengelolaan sampah dan bekerja secara “GESIT” (inteGritas, ProfEsional tranSparan disIplin sanTun) demi menuju Pengelolaan lingkungan yang lebih baik di Jakarta Selatan menuju Indonesia Bebas Sampah 2010,”tegas Tri.

Sementara Sudin Lingkungan Hidup dan Kebersihan Jakarta selatan mengatakan tujuan dibangun Bank Sampah ini untuk menyamakan prsepsi visi – misi kegiatan pengurangan timbunan sampah dan unsur masyarakat dengan Pemerintah Pusat dan Pemda yang diwakili oleh Dinas terkait pengelolahan sampah. (KIP JS)