BERITA

Dinas Kelautan dan Pertanian Musnakan Barang Sitaan

Oleh : Sie Humas  |  Rabu, 27 November 2013 11:13 am

Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta hari ini Rabu (27/11) melakukan Pemusnahan Barang bukti hasil pengawasan mutu produk hewan, di rumah potong unggas (RPU) Petukangan Utara Pesanggrahan Jakarta Selatan.

Pemusnahan ini dilakukan sesuai dengan penegakan Peraturan Daerah dalam Bidang  Peternakan No 5 Tahun 1992 tentang Penampungan dan Pemotongan  Unggas serta peredaran daging dan unggas di wilayah DKI Jakarta dan Perda Nomor 8 Tahun 1989 tentang Pengawasan dan pemotongan ternak, perdagangan ternak dan daging di wilayah DKI Jakarta,”kata Ipih Ruyani Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta didampingi M Anwar Asisten Perekonomian Jakarta Selatan dan Kasudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan Agung Priambodo  saat Pemusnahan barang bukti hasil pengawasan  di Rumah Pemotongan Unggas (RPU) di Petukangan Utara Pesanggrahan Jakarta Selatan, Rabu (27/11).

Pengawasan dan penertiban dilakukan bersama dari unsur Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Sudin Peternakan 5 wilayah, UPT Laboratorium kesehatan masyarakat veteriner, Korwas PPNS Polda Metro Jaya dan Satpol PP, dengan total jumlah barang yang dimusnakan sebanyak 1,974 kg yang terdiri dari daging ayam berformalin sebanyak 1.421 kg, usus ayam berformalin sebanyak 52 kg, daging sapi tidak layak kosumsi sebanyak 117 kg dan ayam bangkai sebanyak 380 ekor. Dibandingkan tahun 2012 terjadi penurunan jumlah barang bukti yang dimusnakan yaitu sebesar 6,8 % (2.119kg),”jelasnya.

M Anwar Asisten Perekonomian Jakarta selatan meminta kegiatan seperti ini dilakukan rutin sesering mungkin agar produk hewan yang beredar di masyarakat kota Jakarta layak dan aman untuk di konsumsi masyarakat. Juga erus berupaya  melakukan pengawasan terhadap mutu produk hewan menjelang hari-hari besar di Jakarta, agar daging yang beredar di masyarakat terjamin keamanan dan kesehatannya