User Guide

Selamat Datang

Pengantar Penggunaan CMS SKPD/UKPD JAKSEL

foto kasudinPertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahNya, telah diterbitkannya User Manual content managemen system (cms) SKPD/UKPD, Sudin Kominfomas Adm Jakarta Selatan.

User guide content managemen system (cms) SKPD/UKPD versi 1.0 disusun untuk memudahkan pengguna dalam pengoprasian CMS SKPD/UKPD.

Dengan adanya user manual ini diharapkan dapat memperjelas pemahaman dan kelancaran dalam pengoprasian sistem informasi publik yang dimiliki oleh setiap SKPD/UKPD di wilayah kota Adm Jakarta Selatan, serta dapat digunakan sebagai acuan bagi pengguna dalam penggunaannya.

Sekedar diketahui CMS SKPD/UKP di wilayah Kota Adm Jakarta Selatan merupakan program OnIdSouthJakarta, dimana para unit dapat mengelola data, template design, menu konten disesuaikan dengan kebutuhan dalam satu sistem CMS unit tersebut, yang terintegrasi dengan sistem webiste utama Jakarta Selatan yang beralamat http://selatan.jakarta.go.id .  Jumlah unit yang terintegrasi dengan Portal Selatan kurang lebih 400 SKPD/UKPD secara bertahap dalam Bimtek.

Dengan adanya implementasi CMS ini diharapkan SKPD/UKPD  aktif dalam penyajian informasi serta mampu menjawab kebutuhan penyediaan sistem informasi yang terintegrasi bagi SKPD/UKPD diwilayah Jakarta Selatan dengan portal utama Selatan.jakarta.goid yang salah satunya menjadi bagian KPI Walikota/Wakil Walikota tentang penyediaan sistem informasi yang terintegrasi.

Hanya dalam waktu kurang dari 10 Menit unit di  wilayah Kota Adm Jakarta Selatan langsung mempunyai Sistem Informasi Managemen (SIM) link site sendiri setelah proses aktivasi secara prosedur administrasi. CMS SKPD/UKPD dengan pengelolaan mandiri, baik mengolah design maupun konten dalam satu sistem tanpa melalui  File Transfer Protocol (FTP).

Akhirnya kami sampaikan terimakasih dan penghargaan kepada dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam membangun serta menggunakan sistem CMS SKPD/UKPD Kota Adm Jakarta Selatan  sampai ditetapkannya user manual ini.

Lestari AW, Kasudin Kominfomas Kota Adm Jakarta Selatan

Benefit

  • SKPD/UKPD di wilayah Jakarta Selatan dapat mempublikasi seluruh kegiatan dan data-data sesuai tupoksi
  • Memenuhi tuntutan perundangan yang ada, yakni keterbukaan informasi publik
  • Sistem dan databse terintegrasi dengan Portal Kota Adm Jakarta Selatan
  • Menerima informasi cepat dari Walikota/Wakil/Setko secara realtime
  • SKPD/UKPD wilayah kota Adm Jakarta Selatan hanya mengelola data informasi publik sesuai kebutuhan
  • SKPD/UKPD wilayah kota Adm Jakarta Selatan dapat secara mandiri mengelola design, menu dan data sesuai yang diinginkan dengan standar regulasi yang ada
  • Mendukung KPI organisasi secara struktur tentang penyediaan sistem informasi publik

Fitur CMS SKPD/UKPD Jaksel

  • Mengelola Berita/ Informasi
  • Mengelola Dokumen, PDF, MS Word, Ms Xl dan lainnya
  • Mengelola foto-foto kegiatan
  • Mengelola Agenda kegiatan
  • Mengelola Design, Banner Informasi dan Menu-Menu
  • Design responsif dapat diakses melalui browser smartphone
  • Alert Darurat dari Walikota

Regulasi dan KPI

  • Undang-Undang No 14 Tahun 2008/Keterbukaan Informasi Publik
  • UU Nomor 25 Tahun 2009/Tentang Pelayanan Publik
  • Permen Kominfo Nomor 5 Tahun 2015/Nama Domain Penyelenggara Negara
  • Pergub DKI Jakarta No 16 Tahun 2008 (RITIK)
  • Provinsi DKI 280 Tahun 2014 Smart City Jakarta
  • KPI Walikota, Wakil Walikota Kota Adm Jaksel

Mengelola Fitur CMS

Pada bagian ini akan dijelaskan tatacara mengelola fitur CMS SKPD/UKPD Kota Adm Jakarta Selatan sesuai kebutuhan, dengan standar yang ada dan bisa ditambah dengan fitur-fitur lain.

#Login

  • Ketik : http://selatan.jakarta.go.id/namaunit/admin
  • User Email : eee@jakarta.go.id
  • Password : xxx

#Article/Informasi

  • Lihat daftar posting Artikel/Informasi/Berita
  • Mengetahui daftar kategori, jika belum sesuai kebutuhan maka klik TAMBAH KATEGORI
  • Tambah Kategori
  • Tambah Posting
1. Kolom Intro Depan, Isi JUDUL dan Pilih STATUS untuk tampilan awal Artikel/Informasi/Berita dan Perhatikan isian pada kolom Intro, tidak full data )
2. Pada kolom Konten, isilah Artikel/Informasi/Berita secara full, setelah itu insert foto/file/dokumen lain
3. Insert Foto/Dokumen, Klik tanda kotak garis hitam
4. Pilih folder yang diinginkan, PENGATURAN FOLDER PADA MENU FILE
5. Jika sukses upload, maka pilih file yang diinginkan. DOUBLE KLIK FILE
6. Jika sukses, maka muncul dibawah gambar dibawah ini. Double Klik untuk pengaturan Foto
7. Muncul kolom Popup, Isi Width ; 300 px | Height : 0 | Border : 0 | HSpace : 3 | VSpace : 0 | Alignment : Left dan klik OK
8. Jika sukses maka akan muncul gambar dibawah ini. Copy Paste foto dan sisipkan pada kolom INTRO DEPAN di atas, Foto bisa di insert untuk beberapa kali sesuai kebutuhan dengan posisi foto yang diinginkan
9. JIKA KONTEN DOKUMEN/DOWNLOAD, perhatikan gambar dibawah ini. Bold Link Redaksional, sebagai penanda link dokumen
10. JIKA KONTEN DOKUMEN/DOWNLOAD. Untuk upload dokumen, Hal pertama yang anda lakukan adalah menuju kolom utama berwana hijau pada Menu Content, Klik muncul menu FILES. Seeperti gambar dibawah ini
11. JIKA KONTEN DOKUMEN/DOWNLOAD. Upload dokumen, Pilih folder sesuai yang diinginkan, contoh dibawah ini adalah folder PDF. Proses upload seperti proses upload foto, pilih dokumen copy link dokumen
12. JIKA KONTEN DOKUMEN/DOWNLOAD. Kembali lagi ke langkah nomor 9. Klik Icon BOLA DUNIA pada, akan muncul gambar dibawah ini. PASTE link yang sudah di Copy dari Menu FILES DOKUMEN PDF. Lalu klik OK
13. JIKA KONTEN DOKUMEN/DOWNLOAD. Jika sukses maka akan tampil Redaksi Surat Lampiran Edaran akan berwarna Biru
14. Klik Menu Tab Pilihan, pilihlah sesuai kategori yang diinginkan, Jika Berita maka pilih Kategori Berita, Jika Dokumen maka pilih Dokumen, seterusnya.. sesuai kebutuhan informasi. Klik SAVE
15. Jika berhasil maka akan muncul gambar foto dibawah ini

#Pengelolaan File

    1. Dalam manajemen File Foto/Dokumen/lainnya penting diperhatikan, karena File merupakan sumber dari berbagai fungsi untuk support berbagai jenis data.
    a. Untuk Foto Galeri, Tambahkan Folder disesuaikan nama yang diinginkan, lalu upload foto-foto dalam satu folder tersebut
    b. Untuk Foto Berita/Informasi, Tambahkan Folder dengan nama Data Berita, lalu upload foto-foto dalam satu folder tersebut dan siapkan satu atau beberapa foto untuk disisipkan di berita/informasi
    c. Untuk Logo/background/Icon lain, Tambahkan Folder dengan nama Data Image, lalu upload foto-foto tersebut dalam satu folder
    d. Untuk khusus file dokumen di perhatikan pada folder Dokumen dan perhatikan sisipan linknya untuk Copy Paste
    2. Kolom File, untuk menambahkan Folder, klik Tambah Folder
    3. Isi Nama Folder, contoh untuk kebutuhan Galeri Foto, ketika sesuai nama dibawah dan upload foto-foto, maksimal 30 foto dalam satu folder, klik Save

#Galeri

  • Mengelola data dari menu utama File
  • 1. List Galeri, daftar galeri yang telah diinput
  • Mengelola data dari menu utama File
  • 2. Tambah Galeri

#Page/Halaman Khusus

  • Mengelola Halaman/Khusus, contoh diperuntukan untuk Visi dan Misi/Struktur/Pengumuman yang bersifat data statis
  • 1. List Halaman, melihat daftar halaman yang telah dibuat
  • Mengelola data dari menu utama File
  • 2. Tambah Halaman, pengisian seperti pada saat mengisi Berita/Informasi khususnya untuk mengambil foto/dokumen, namun tidak untuk menu pilihan Kategori. Untuk menu-menu Tabs saat ini diabaikan saja, namun jika sudah mahir menggunakan CMS, anda bisa merubah design dan lainy sebagainya. Setelah proses pengisian data, klik Save.

#Widgets/Pengaturan

  • Mengeloa Wiggets/Pengaturan
  • 1. List Widgets, melihat daftar Widgets yang telah dibuat
    2. Kolom footer do not Delete, untuk mengelola data bagian bawah halaman depan pada site link, contoh selatan.jakarta.go.id/perpus - lihat paling bawah pada halaman tersebut
    3. Kolom About Us, Edit yang diberi tanda Blok, setelah di edit klik save
    4. Kolom Phone Number, Edit yang diberi tanda Blok, setelah di edit klik save
    5. Kolom Alamat, Edit yang diberi tanda Blok, setelah di edit klik save
    6. Kolom User Registrasi, Edit yang diberi tanda Blok, setelah di edit klik save
    7. Kolom User Social Media, Edit yang diberi tanda Blok, setelah di edit klik save
    8. Kolom Left Sidebar, untuk mengelola bagian kiri pada halaman depan, bisa ditambah kolom atau di ganti informasi lain selain berita, sebagai contoh dibawah ini kolom berita dengan isian Limit 5 berita, jika ingin menambahkan isi limit menjadi 3, setelah itu klik Save
    9. Kolom Right sidebar, untuk mengelola bagian kanan pada halaman depan, bisa ditambah kolom atau di ganti informasi lain selain berita, sebagai contoh dibawah ini kolom agenda/event dengan isian Limit 11 berita, jika ingin menambahkan isi limit menjadi 3, setelah itu klik Save
    10. Kolom template do not delete, mengganti logo dan background atas halaman depan, setelah di edit klik save
  • Mengelola Navigasi/Menu, mengolah data menu navigasi, untuk di kolom | HEADER | SIDEBAR | FOOTER | MAIN IN PAGE
  • 1. List Halaman Navigasi/Menu, melihat daftar halaman yang telah dibuat
    2. List Halaman Navigasi/Menu, contoh membuat navigasi menu Khusus Berita

#User

  • Mengelola User, mengolah data user dan penambahan user
  • 1. List Halaman user, berisi daftar user
    2. Tambah User, menambahkan user dengan mengisi kolom-kolom yang tersedia, setelah itu klik save

#Tanya Jawab dan SOP

  • 1. Mengapa harus ada CMS SKPD/UKPD ?

    Jawab   : Dengan adanya regulasi dan juga anggaran pembuatan sistem / aplikasi di setiap SKPD/UKPD di sarankan tidak diperbolehkan lagi, terkecuali Sumber Daya Manusia ( SDM ) untuk pengelolaan seperti PPSU. Dan yang paling penting adalah adanya sistem terintegrasi dengan portal Jakarta Selatan .

    2. Dimana admin SKPD/UKPD mengelola dan dapat mempelajari sistem tersebut ?

    Jawab   : Melalui halaman selatan.jakarta.go.id/namaunit/admin dan melalui user guide CMS SKPD/UKPD yang bisa di buka melalui Dashboard CMS masing-masing

    3. Jika ada kendala teknis tentang CMS SKPD/UKPD kemana harus menghubungi ?

    Jawab  : Dapat menghubungi Sudin Kominfomas Kota Adm Jaksel, melalui tools Helpdesk Corner, Group WA, dan Email

    4. Jika SKPD/UKPD Sudah memiliki Sistem Informasi Publik yakni link site

    Jawab  : Dapat dintegrasikan atau dapat memilih kedua opsi tersebut

    5. Bagaimana pengelolaan terhadap CMS SKPD/UKPD pada Sudin Kominfomas Kota Adm Jaskel ?

    Jawab  : Di kelola oleh Sie SI yang berkordinasi dengan Sie ITI dalam infrastruktur Server

  • SOP

Dokumen ini dirancang dan dibuat oleh Sudin Kominfomas Kota Adm Jakarta Selatan untuk memudahkan cara penggunaan CMS SKPD/UKPD Jaksel yang diterbitkan pada tahun 2016